Keluarga Baru dan Agroedutourism IPB

Niatan pertama gabung dengan AET IPB, sejujurnya, tak lebih tak kurang adalah karena iseng-iseng. Coba-coba. Bahkan, lebih jujur lagi, aku mendaftar karena diajak oleh temanku, yang konon juga diajak oleh temannya, dan seterusnya :P Melewati tahapan seleksi administrasi (pendaftarnya banyak lho, ternyata), lalu diteruskan tahapan wawancara (aduh peserta yang lain kayanya pas diwawancara berwawasan banget, keren lah). Setelah itu, saya tidak terlalu memikirkan hasilnya, saya pikir kecil kemungkinan saya bisa lolos.

Tapi, ternyata oh ternyata, di suatu sore hari yang biasa, mendadak ponsel saya berdering. Sebuah SMS masuk dari panitia, memberitahukan saya bahwa saya diterima menjadi anggota AET.

Menjadi pemandu wisata!

Menjadi pemandu wisata!

Mengikuti pelatihan selama dua hari penuh, saya menerima job pertama sebagai pemandu wisata hanya seminggu setelahnya. Himakova IPB sedang mengadakan acara Hari Biodiversitas, dan bekerjasama dengan AET IPB, kami bertugas memandu anak-anak SD dari kota Bogor yang berkunjung ke IPB untuk ikut serta dalam event tersebut. Anak-anak SD-nya sebagian besar adalah anak-anak kelas 5, sehingga Alhamdulillah sudah lebih bisa untuk diarahkan. Namun, boy, saya baru menyadari satu hal dari job tersebut: menjadi pemandu wisata itu susah.

Tapi… menjadi pemandu untuk anak-anak juga menyenangkan. Menemani mereka menanam pohon, menggali biopori, dan jalan-jalan keliling kampus. Dan masih banyak lagi. Plus, saya bisa sekalian mempromosikan IPB kepada mereka. Di tengah-tengah acara, saat ditanya “Siapa yang mau kuliah di sini nantinya?” nyaris semua dari mereka angkat tangan.

Yay! :mrgreen:

Last 12 Months - 3701 Last 12 Months - 3703

Di akhir hari, saya mendapatkan pelajaran baru, pengalaman baru, dalam jumlah yang sangat tak terhingga. Ini adalah pekerjaan pertama saya yang secara langsung berhubungan dengan dunia kehutanan – atau minimal, dunia pertanian – yaitu menjadi pemandu wisata biodiversitas. Masih banyak yang harus saya pelajari agar bisa menjadi pemandu yang lebih baik, tapi saya merasa saya bisa melakukannya. :D

Terakhir, saya juga merasa mendapatkan keluarga baru dari AET IPB ini. Para pemandu angkatan saya semuanya orangnya baek-baek dan ramah-ramah, rajin menabung pula. Semoga kami bisa menjadi lebih erat, dan dapat bekerja dengan lebih baik lagi nantinya.

AET IPB angkatan 2013

AET IPB angkatan 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>